Adult-onset Still’s disease

Infonutrisi.com – Berbagi informasi tentang Apa itu Adult-onset Still’s disease ?

Adult-onset Still’s disease merupakan jenis radang sendi yang langka yang mirip dengan rheumatoid arthritis. Ini berbagi karakteristik artritis idiopatik juvenile onset sistemik, tetapi dimulai pada masa dewasa. Peradangan dapat mempengaruhi beberapa sendi pada awalnya, tetapi dapat maju untuk memasukkan lebih banyak sendi dari waktu ke waktu. Beberapa orang mungkin hanya memiliki satu serangan penyakit yang diikuti dengan remisi yang langgeng, sementara yang lain dapat mengembangkan arthritis kronis.

Adult-onset Still’s disease (AOSD) adalah penyakit autoinflamasi sistemik langka yang ditandai dengan trias klasik demam lonjakan tinggi yang persisten, nyeri sendi, dan ruam bergelombang berwarna salmon yang khas. Penyakit ini dianggap sebagai diagnosis eksklusi. Kadar protein feritin yang mengikat besi mungkin sangat meningkat dengan gangguan ini. AOSD dapat hadir dengan cara yang mirip dengan penyakit inflamasi lainnya dan penyakit autoimun, yang harus dikesampingkan sebelum membuat diagnosis.

Penyebab Adult-onset Still’s disease Masih belum diketahui. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin dipicu oleh infeksi.

Gejala Adult-onset Still’s disease

Gejala biasanya dimulai dengan demam tinggi yang berduri satu atau dua kali sehari dan ruam salmon-merah muda di batang tubuh, lengan atau kaki. Gejala lain termasuk sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Beberapa minggu setelah gejala awal ini, sendi dan otot mulai terasa sakit. Pukulan ini berlangsung setidaknya dua minggu. Sendi yang paling sering terkena adalah lutut dan pergelangan tangan. Pergelangan kaki, bahu, siku dan sendi jari juga bisa dilibatkan.

Diagnosis Adult-onset Still’s disease

Diagnosis didasarkan pada peninjauan gejala dan riwayat medis, seperti munculnya ruam dan demam baru-baru ini asal yang tidak dapat dijelaskan. Tidak ada tes tunggal yang dapat mendiagnosa penyakit dewasa Still. Sebaliknya, tes darah dilakukan untuk menyingkirkan kondisi lain dengan gejala serupa. Tes lain, seperti sinar-X, dapat dilakukan untuk memeriksa kerusakan yang disebabkan oleh peradangan.
Perawatan Penyakit Dewasa Masih

Pasien pada tahap akut awal dewasa. Penyakit masih diberikan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti naproxen atau ibuprofen, dan kortikosteroid untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Obat imunosupresif, seperti metotreksat dan pengubah respons biologis, mungkin diperlukan pada kasus yang lebih berat atau jika artritis menjadi kronis.

Perawatan Diri Adult-onset Still’s disease
Dengan penyakit dewasa Still, obat-obatan mungkin perlu diminum bahkan setelah gejala hilang. Ini disebut terapi pemeliharaan. Penting untuk menjaga peradangan tetap terkendali untuk mencegah lebih banyak kerusakan pada tubuh. Jika prednison diminum dalam waktu yang lama, dokter mungkin menyarankan mengonsumsi kalsium dan vitamin D untuk mencegah penipisan tulang.

Baca Lebih Lanjut >> Macam-macam Arthritis

References :

  • https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/
  • https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/adult-onset-stills-disease/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Adult-onset_Still%27s_disease

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *