Ankylosing Spondylitis

Infonutrisi.com – Berbagi informasi Apa itu Ankylosing Spondylitis?

Ankylosing spondylitis (AS) adalah sejenis radang sendi yang terutama menyerang tulang belakang atau punggung. Di AS, sendi dan ligamen di sepanjang tulang belakang menjadi meradang. Peradangan menghasilkan rasa sakit dan kekakuan yang biasanya dimulai di punggung bawah atau bokong, dan dapat berkembang ke tulang belakang bagian atas, dada dan leher. Seiring waktu, sendi dan tulang (vertebra) dapat tumbuh bersama (sekering), menyebabkan tulang belakang menjadi kaku dan tidak fleksibel. Sendi lain, seperti pinggul, bahu, dan lutut juga bisa terkena. AS adalah penyakit sistemik, yang berarti dapat mempengaruhi organ.

Ankylosing spondylitis (AS) adalah jenis artritis di mana ada peradangan jangka panjang pada tulang belakang. Biasanya sendi di mana tulang belakang bergabung dengan panggul juga terpengaruh. Kadang-kadang sendi-sendi lain seperti bahu atau pinggul dilibatkan. Masalah mata dan usus juga bisa terjadi. Nyeri punggung adalah gejala khas Ankylosing spondylitis (AS), dan sering datang dan pergi. Kekakuan sendi yang terkena biasanya memburuk seiring berjalannya waktu.

Meskipun penyebab ankylosing spondylitis tidak diketahui, diyakini melibatkan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Lebih dari 90% dari mereka yang terkena memiliki antigen leukosit manusia tertentu yang dikenal sebagai antigen HLA-B27. [5] Mekanisme yang mendasari diyakini autoimun atau autoinflammatory. Diagnosis biasanya didasarkan pada gejala dengan dukungan dari pencitraan medis dan tes darah. AS adalah jenis spondyloarthropathy seronegatif, yang berarti bahwa tes tidak menunjukkan adanya faktor reumatoid antibodi. Ini juga dalam kategori yang lebih luas yang dikenal sebagai spondyloarthritis aksial.

Tidak ada obat untuk ankylosing spondylitis. Perawatan dapat memperbaiki gejala dan mencegah perburukan. Ini mungkin termasuk obat-obatan, olahraga, dan operasi.

Penyebab Ankylosing Spondylitis
Penyebab ankylosing spondylitis tidak diketahui, tetapi gen dan keturunan memainkan peran penting. Para ilmuwan telah menemukan gen yang disebut HLA-B27 yang ditemukan pada sekitar 90 persen dari Kaukasia dengan AS tetapi hanya 8 persen dari Kaukasia tanpa AS, menunjukkan gen ini memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa AS dapat dipicu oleh infeksi. Studi telah berfokus pada beberapa bakteri yang dapat mempengaruhi perkembangan AS.

Siapa yang Terkena Ankylosing Spondylitis?
Hampir setengah juta orang di Amerika Serikat dipengaruhi oleh AS. Penyakit ini lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita. Ankylosing spondylitis dapat berkembang di masa kecil, dan anak laki-laki lebih cenderung memilikinya daripada anak perempuan. Ketika anak-anak mengembangkan ankylosing spondylitis, gejala biasanya dimulai di pinggul, lutut atau tumit dan kemudian berlanjut ke tulang belakang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada masyarakat Kaukasia, Asia, dan Hispanik.

References :

  • https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/
  • https://www.arthritis.org/about-arthritis/types/ankylosing-spondylitis/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Ankylosing_spondylitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *