Apa itu Nyeri Punggung

Apa itu Back Pain atau Nyeri Punggung ?

Banyak bentuk radang sendi dan kondisi terkait yang mempengaruhi sendi, otot dan / atau tulang dapat menyebabkan masalah seperti rasa sakit, kekakuan dan pembengkakan di belakang. Sementara bagian punggung dapat terpengaruh, punggung bagian bawah adalah tempat nyeri punggung artritis yang paling umum, kemungkinan besar karena itu menanggung lebih banyak dari berat badan.

Dua jenis nyeri punggung utama adalah mekanik dan inflamasi. Kelompok terbesar adalah nyeri punggung mekanik, yang meliputi strain dan keseleo, cedera, lesi diskus, penyakit cakram degeneratif, stenosis tulang belakang, osteoarthritis, dan fraktur tulang sekunder akibat osteoporosis. Kelompok terbesar kedua adalah nyeri punggung peradangan. Ini dapat disebabkan oleh penyakit seperti ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis, arthritis enteropathic, polymyalgia rheumatica dan bentuk-bentuk arthritis lainnya.

Baca Lebih Lanjut >> Macam-macam Arthritis

Beberapa orang juga mungkin memiliki nyeri punggung yang timbul dari peradangan pada jaringan lunak di punggung dan bukan tulang belakang itu sendiri. Yang lain mungkin mengalami sakit punggung karena saraf skiatik – yang membentang melalui pantat – meradang menyebabkan nyeri pinggul dan punggung. Skoliosis juga bisa menyebabkan sakit punggung. Dalam kondisi ini, tulang belakang berputar ke satu sisi dan bukannya berjalan lurus ke pusat punggung. Sejumlah kecil orang dapat mengembangkan infeksi atau tumor di tulang belakang.
Siapa yang Terkena Dampak?

Nyeri punggung adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum di Amerika Serikat – 80 persen orang dewasa melaporkan telah mengalami sakit punggung pada suatu waktu. Dapat terjadi pada semua usia baik pria maupun wanita.

Gejala Nyeri Punggung

Jika Anda mengalami jatuh atau cedera parah atau nyeri punggung Anda disertai dengan hal-hal berikut, buatlah janji untuk segera menemui dokter:

  • Nyeri yang tidak membaik saat Anda berbaring telentang
  • Kelemahan, nyeri atau mati rasa pada satu atau kedua kaki
  • Demam atau penurunan berat badan yang tidak disengaja
  • Nyeri atau kesulitan saat buang air kecil

Penyebab Nyeri Punggung

Sebagian besar nyeri punggung disebabkan oleh ketegangan, keseleo atau cedera yang mempengaruhi ligamen atau otot tulang belakang. Persentase nyeri punggung yang relatif kecil adalah karena salah satu dari berbagai bentuk radang sendi, seperti penyakit cakram degeneratif, stenosis tulang belakang, osteoarthritis, ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis, arthritis enteropathic, polymyalgia rheumatica.
Strain atau Terkilir

Ketika ligamen di punggung sangat tegang atau robek, biasanya karena cedera tiba-tiba, hasilnya bisa terasa sakit. Rasa sakit keseleo bisa parah, terlokalisir ke satu titik di punggung atau lebih umum semua punggung Anda dan di daerah-daerah sekitar tubuh.
Spasme

Kadang-kadang otot yang bekerja terlalu keras di belakang (dan di tempat lain) mengalami kejang – kontraksi yang menyakitkan dan tidak disengaja, mirip dengan kuda charley (kram, biasanya terjadi pada otot betis). Sementara kejang yang menyakitkan, mereka adalah cara tubuh untuk melindungi diri dari masalah yang mendasarinya. Ketika otot-otot dalam kejang, mereka menjadi menyakitkan dan kaku, sehingga Anda sementara tidak dapat menggunakan atau merusak mereka lebih jauh.
Disc yang pecah atau Herniated

Ketika cakram melemah, lapisan luar yang keras dapat pecah, memungkinkan pusat yang licin untuk menonjol keluar menyebabkan tekanan dan iritasi pada saraf di dekatnya.
Fraktur Vertebra

Fraktur vertebra mungkin disebabkan oleh trauma, tetapi lebih sering adalah hasil osteoporosis, yang melemahkan vertebra dan menyebabkan mereka hancur. Ini disebut fraktur kompresi.
Penyebab Lain

Nyeri juga dapat terjadi setelah periode aktivitas berat atau setelah periode tidak aktif, seperti berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama karena sakit.

Kelebihan berat badan menambah beban otot punggung dan perut, menyebabkan otot-otot itu meregang dan melemah. Kurangnya dukungan dapat menyebabkan postur yang buruk, yang menggeser tubuh keluar dari keseimbangan dan menyebabkan atau memperburuk nyeri punggung. Kadang-kadang, rasa sakit mungkin akibat postur tubuh yang buruk terlepas dari seberapa berat seseorang.

Stres juga bisa menjadi faktor karena orang bereaksi terhadap stres dengan cara yang berbeda. Beberapa orang mengencangkan otot punggung mereka ketika mereka khawatir atau tegang, yang dapat membuat masalah punggung yang ada menjadi lebih buruk.

Kadang-kadang sakit punggung bisa menjadi hasil dari masalah yang tidak terletak di belakang. Kemungkinan penyebab termasuk :

  • Batu ginjal atau infeksi ginjal. Karena lokasi ginjal di punggung bawah, masalah dengan ginjal dapat dirasakan sebagai sakit punggung.
  • Kehamilan. Penambahan berat badan dari kehamilan dapat menekan punggung dan meregangkan serta melemahkan otot-otot yang mendukung tulang belakang.
  • Kegemukan. Kelebihan berat badan atau obesitas, terutama jika kelebihan berat badan dilakukan di perut, menempatkan stres pada otot punggung, menyebabkan rasa sakit.
  • Endometriosis. Ini adalah kondisi di mana jaringan endometrium (jaringan yang melapisi rahim) bermigrasi dari rahim dan deposito pada organ dan struktur lain. Nyeri akibat endometriosis sering dirasakan di perut dan punggung.
  • Aortic aneurysms. Dalam kasus yang jarang terjadi, aorta (arteri utama tubuh yang berasal dari jantung dan mengalir di tubuh hanya di depan tulang belakang) mengembangkan aneurisma, pembengkakan seperti balon di dinding otot arteri. Jika dinding pecah atau menyebabkan kompresi pembuluh darah yang melewatinya, hasilnya bisa berupa rasa sakit yang dirasakan di dada, perut dan / atau punggung bagian bawah. Ini adalah keadaan darurat medis, yang membutuhkan perawatan segera.
    Tumor. Dalam kasus yang jarang terjadi, tumor – baik yang ganas (kanker) atau jinak (bukan kanker) – dapat mempengaruhi jaringan atau di dekat tulang belakang, menyebabkan rasa sakit.

Perawatan diri untuk mereka yang sakit punggung atau Back Pain

  1. Mempertahankan postur yang baik, menggunakan terapi alami dan alternatif, berolahraga, menurunkan berat badan dan menghilangkan stres adalah cara yang berbeda untuk mengurangi sakit punggung.
    Sikap
  2. Mempertahankan postur yang baik dapat membantu mengurangi stres dan mengurangi ketidaknyamanan di punggung Anda. Berikut beberapa teknik untuk dicoba.
  3. Saat Duduk . Biarkan otot perut ditarik masuk, dan pertahankan kurva yang tepat di punggung bawah Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengencangkan perut dan bokong Anda. Tempatkan bantal kecil di belakang punggung bawah Anda untuk membantu mempertahankan lengkungan alami punggung. Jaga lutut Anda sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda. Gunakan tumpuan kaki atau buku di bawah kaki Anda jika perlu. Jangan duduk untuk jangka waktu yang lama. Berdiri dan bergerak secara berkala untuk meregangkan otot-otot yang kencang dan memberi mereka kesempatan untuk bersantai.
  4. Ketika Berdiri. Berdiri dengan berat badan Anda merata pada kedua kaki. Letakkan satu kaki di atas tumpuan kaki untuk meredakan ketegangan di punggung Anda. Pakailah sepatu datar atau bertumit rendah jika Anda berdiri untuk jangka waktu yang lama. Jaga punggung Anda tetap lurus dengan mengencangkan otot perut dan bokong dan melakukan panggul.
  5. Saat Mengangkat dan Membawa Benda. Tekuk dan angkat menggunakan lutut dan kaki, bukan punggung Anda. Pegang benda yang dekat dengan Anda. Luruskan kaki Anda untuk mengangkat objek. Dapatkan bantuan untuk mengangkat benda yang terlalu berat.
  6. Saat Tidur Tidurlah di kasur yang keras. Letakkan bantal di antara lutut Anda saat tidur di sisi Anda. Jangan tidur tengkurap. Jika Anda tidak memiliki masalah lutut, Anda dapat mencoba menempatkan bantal di bawah lutut saat berbaring telentang.

Terapi Panas dan Dingin

Panas dapat membantu meredakan sakit punggung dengan mengendurkan otot dan menenangkan area yang menyakitkan 48 jam setelah rasa sakit dimulai. Beberapa pilihan yang aman dan efektif termasuk mandi air panas atau mandi, kompres hangat, botol air panas, pembalut panas, bantalan pemanas, terapi air hangat dan hydromassage. Jika Anda menderita radang sendi, pemanasan otot Anda terlebih dahulu dapat mempermudah Anda melakukan latihan punggung. Kadang-kadang, seorang profesional perawatan kesehatan dapat merekomendasikan penggunaan dingin ke punggung Anda ketika rasa sakit akut atau berat, atau setelah Anda berolahraga.

Olahraga

Ada latihan peregangan dan fleksibilitas yang dapat membantu mengurangi tekanan di punggung dan mengendurkan otot-otot yang kencang. Ini termasuk yoga dan tai chi. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan.

Berat Badan

Dokter dapat merekomendasikan penurunan berat badan sebagai salah satu cara untuk mengurangi nyeri punggung dan meningkatkan kesehatan Anda secara umum. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan makan diet seimbang dan berolahraga secara teratur. Pastikan untuk menghindari diet atau program penurunan berat badan cepat.

Terapi Alami dan Alternatif

Akupunktur dapat memberikan bantuan nyeri punggung. Latihan ini melibatkan memasukkan jarum logam yang sangat halus ke kulit Anda pada titik-titik tertentu, tetapi belum tentu area yang mengganggu Anda. Misalnya, nyeri punggung dapat diobati dengan menstimulasi titik-titik di kaki Anda. Pastikan Anda diperlakukan oleh ahli akupunktur bersertifikat.

Pijat juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi rasa sakit. Ini bisa dilakukan oleh terapis pijat atau beberapa terapis fisik.

Seorang kiropraktor berlisensi dapat memberikan manipulasi tulang belakang yang dapat membantu mengatasi sakit punggung. Namun perlu diketahui bahwa prosedur ini tidak boleh dilakukan pada individu dengan nyeri punggung inflamasi seperti ankylosing spondylitis. Manipulasi tulang belakang pada leher juga berpotensi berbahaya pada orang tua yang memiliki peningkatan risiko stroke.
Pelepas stres

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi stres harian yang dapat menyebabkan Anda mengencangkan otot bahu dan punggung dan memperburuk rasa sakit.

Berendamlah di bak mandi air hangat, bak mandi air panas atau spa.

Terlibat dalam hobi.

  • Lakukan latihan terapeutik seperti yoga atau tai chi setelah mendapatkan izin dari dokter Anda.
  • Rencanakan kegiatan yang menyenangkan dan santai bersama keluarga atau teman Anda.
  • Belajarlah untuk menerima apa yang tidak dapat Anda ubah alih-alih merasa terus frustrasi.
  • Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan profesional untuk masalah yang tidak dapat Anda tangani sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *